RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMA NEGERI 1 MEDANG DERAS
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester
: X
/ Genap
Materi
Pokok : Usaha
(kerja) dan energi
Alokasi
Waktu : 4
Minggu x 3 Jam Pelajaran @45
Menit
·
KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
·
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.9. Menganalisis konsep energi, usaha (kerja),
hubungan usaha (kerja) dan perubahan energi, hukum kekekalan energi, serta
penerapannya dalam peristiwa sehari-hari
|
· Mengamati
peragaan atau simulasi tentang kerja atau kerja
· Mendiskusikan
tentang energi kinetik, energi potensial (energi potensial gravitasi dan
pegas), hubungan kerja dengan
perubahan energi kinetik dan energi potensial, serta penerapan hukum
kekekalan energi mekanik
· Mendeskripsikan
hubungan antara usaha, gaya, dan perpindahan.
· Menghitung
besar energi potensial (gravitasi dan pegas) dan energi kinetik.
· Menganalisis
hubungan antara usaha dan energi kinetik.
· Menganalisis
hubungan antara usaha dengan energi potensial.
· Menganalisis
bentuk hukum kekekalan energi mekanik pada berbagai gerak (gerak parabola,
gerak pada bidang lingkaran, dan gerak satelit/planet dalam tata surya)
· Merumuskan
bentuk hukum kekekalan energi mekanik.
|
4.9. Menerapkan metode ilmiah untuk mengajukan
gagasan penyelesaian masalah gerak dalam kehidupan sehari-hari, yang
berkaitan dengan konsep energi, usaha (kerja), dan hukum kekekalan energi
|
· Menghitung
kerja yang dilakukan oleh gaya yang besarnya berubah-ubah
· Menghitung
usaha yang dilakukan oleh suatu benda akibat gaya konservatif dan gaya
non-konservatif.
· Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok tentang konsep energi, kerja, hubungan kerja dan
perubahan energi, hukum kekekalan energi
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·
Mengamati peragaan atau simulasi tentang kerja atau
kerja
·
Mendiskusikan tentang energi kinetik, energi potensial
(energi potensial gravitasi dan pegas),
hubungan kerja dengan perubahan energi kinetik dan energi potensial,
serta penerapan hukum kekekalan energi mekanik
·
Mendeskripsikan hubungan antara usaha, gaya, dan
perpindahan.
·
Menghitung besar energi potensial (gravitasi dan
pegas) dan energi kinetik.
·
Menganalisis hubungan antara usaha dan energi kinetik.
·
Menganalisis hubungan antara usaha dengan energi
potensial.






