RPP Mapel Fisika Kelas X SMA Semester 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                                 : SMA NEGERI 1 MEDANG DERAS
Mata Pelajaran                    : Fisika
Kelas/Semester                    : X / Genap
Materi Pokok                       : Usaha (kerja) dan energi
Alokasi Waktu                     : 4 Minggu x 3 Jam Pelajaran @45 Menit

A.      Kompetensi Inti
·         KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·         KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·         KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
3.9.    Menganalisis konsep energi, usaha (kerja), hubungan usaha (kerja) dan perubahan energi, hukum kekekalan energi, serta penerapannya dalam peristiwa sehari-hari
·       Mengamati peragaan atau simulasi tentang kerja atau kerja
·       Mendiskusikan tentang energi kinetik, energi potensial (energi potensial gravitasi dan pegas),  hubungan kerja dengan perubahan energi kinetik dan energi potensial, serta penerapan hukum kekekalan energi mekanik
·       Mendeskripsikan hubungan antara usaha, gaya, dan perpindahan.
·       Menghitung besar energi potensial (gravitasi dan pegas) dan energi kinetik.
·       Menganalisis hubungan antara usaha dan energi kinetik.
·       Menganalisis hubungan antara usaha dengan energi potensial.
·       Menganalisis bentuk hukum kekekalan energi mekanik pada berbagai gerak (gerak parabola, gerak pada bidang lingkaran, dan gerak satelit/planet dalam tata surya)
·       Merumuskan bentuk hukum kekekalan energi mekanik.
4.9.    Menerapkan metode ilmiah untuk mengajukan gagasan penyelesaian masalah gerak dalam kehidupan sehari-hari, yang berkaitan dengan konsep energi, usaha (kerja), dan hukum kekekalan energi
·       Menghitung kerja yang dilakukan oleh gaya yang besarnya berubah-ubah
·       Menghitung usaha yang dilakukan oleh suatu benda akibat gaya konservatif dan gaya non-konservatif.
·       Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang konsep energi, kerja, hubungan kerja dan perubahan energi, hukum kekekalan energi


C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·         Mengamati peragaan atau simulasi tentang kerja atau kerja
·         Mendiskusikan tentang energi kinetik, energi potensial (energi potensial gravitasi dan pegas),  hubungan kerja dengan perubahan energi kinetik dan energi potensial, serta penerapan hukum kekekalan energi mekanik
·         Mendeskripsikan hubungan antara usaha, gaya, dan perpindahan.
·         Menghitung besar energi potensial (gravitasi dan pegas) dan energi kinetik.
·         Menganalisis hubungan antara usaha dan energi kinetik.
·         Menganalisis hubungan antara usaha dengan energi potensial.