RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMA NEGERI 1 MEDANG DERAS
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester
: X
/ Ganjil
Materi
Pokok : Hakikat
Fisika dan Prosedur Ilmiah
Alokasi
Waktu : 2
Minggu x 3 Jam Pelajaran @45
Menit
·
KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
·
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.1 Menjelaskan hakikat ilmu Fisika dan
perannya dalam kehidupan, metode ilmiah, dan keselamatan kerja di
laboratorium
|
· Mengamati
tentang fenomena Fisika dalam kehidupan sehari-hari
· Mengamati
tentang hubungan Fisika dengan disiplin ilmu lain
· Mengamati
tentang prosedur ilmiah,
· Mengamati
tentang keselamatan kerja di laboratorium
· Mengamati
tentang prosedur ilmiah dalam hubungannya dengan keselamatan kerja di
laboratorium
· Mendiskusikantentang
fenomena Fisika dalam kehidupan sehari-hari
· Mendiskusikan
tentangghubungan Fisika dengan disiplin ilmu lain
· Mendiskusikan
tentangprosedur ilmiah
· Mendiskusikan
tentangkeselamatan kerja di laboratorium
· Mendiskusikan
tentang prosedur ilmiah dalam hubungannya dengan keselamatan kerja di
laboratorium
· MenyimpulkantentangfenomenaFisikadalamkehidupansehari-hari
· Menyimpulkan
tentang ilmu Fisika dan hubungannya dengan disiplin ilmu lain
· Menyimpulkan
tentang prosedur ilmiah
· Menyimpulkan
tentang keselamatan kerja di laboratorium
· Menyimpulkantentangprosedurilmiahdalamhubungannyadengankeselamatankerja
di laboratorium
|
4.1 Membuat prosedur kerja ilmiah dan
keselamatan kerja misalnya pada pengukuran kalor
|
· MempresentasikantentangpemanfaatanFisikadalamkehidupansehari-hari,
metodeilmiahdankeselamatankerjaketikamelakukankegiatanpengukuranbesaran
Fisika
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·
Mengamati tentang fenomena Fisika dalam kehidupan
sehari-hari
·
Mengamati tentang hubungan Fisika dengan disiplin ilmu
lain
·
Mengamati tentang prosedur ilmiah,
·
Mengamati tentang keselamatan kerja di laboratorium
·
Mengamati tentang prosedur ilmiah dalam hubungannya
dengan keselamatan kerja di laboratorium
·
Mendiskusikantentang fenomena Fisika dalam kehidupan
sehari-hari
·
Mendiskusikan tentangghubungan Fisika dengan disiplin
ilmu lain






